3 Tips dan Trik Menghadapi Sengketa di Pengadilan yang Tepat

Ketika menghadapi persengketaan di pengadilan perlu adanya keterampilan khusus dan pengetahuan yang cukup. Hal tersebut sangat dibutuhkan agar tidak salah mengambil keputusan yang akan menyulitkan pihak perkara. Maka dari itu, perlu dibutuhkan beberapa tips dan trik untuk berurusan sengketa di meja hijau. Berikut cara menghadapi sengketa di pengadilan yang tepat.

Cara Menghadapi Sengketa Di Meja Hijau Dengan Tepat

1. Memiliki Keyakinan yang Kuat

Salah satu tips yang bisa diterapkan yaitu dengan membuat tekad pada diri anda sendiri bahwa pengadilan untuk menyelesaikan masalah bukan hanya mencari sebuah kemenangan saja. Karena jika anda memikirkan kemenangan, maka bisa jadi akan melakukan segala upaya yang terkadang bertentangan dengan etika dan aturan berlaku, seperti menyuap dan memalsukan bukti.

Hal tersebut memang akan membuat perkara yang dibawa di pengadilan menang, namun hal tersebut juga dapat menimbulkan masalah lainnya. Menghadapi perkara harus dilakukan dengan fair atau cara damai. Sebab, cara tersebut dapat menghemat tenaga, waktu, biaya, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, hal ini juga akan membuat hubungan terjalin kembali di antara beberapa pihak.

2. Menggunakan Jasa Penasehat Hukum

Apabila anda kurang begitu memahami perkara di pengadilan, maka menggunakan jasa penasehat hukum atau pengacara bisa menjadi alternatif terbaik. Namun perlu diingat, anda juga harus menyesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki agar tidak memberatkan. Jika kurang mampu, sebaiknya menggunakan penasehat hukum publik yang disediakan negara.

3. Memaksimalkan Bukti

Memaksimalkan bukti yang ada dengan dalil yang diajukan dapat membantu anda untuk menghadapi sengketa di pengadilan. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan karena tahan ini merupakan pokok dari semua langkah di persidangan. Keputusan hakim akan didasari pada bukti yang ada bukan apa yang didalilkan.

Itulah beberapa tips jitu untuk menghadapi sengketa di meja hijau. Anda bisa memulainya dengan cara bersih tanpa menghalalkan segala cara seperti menyuap atau memalsukan bukti. Karena hal tersebut akan menambah permasalahan yang ada. Jika dirasa kurang memahaminya, anda dapat menyewa jasa penasihat hukum atau pengacara publik yang disediakan negara.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.