Mengenal Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia

Anda tentu pernah merasa kecewa terhadap barang yang anda beli, misalnya karena barang tersebut tidak sesuai dengan iklan yang dipajang atau informasi yang diberikan. Ternyata dalam hal ini, anda berhak mendapatkan perlindungan konsumen. Perlindungan konsumen di Indonesia bahkan telah diatur secara jelas di dalam Undang Undang.

Apa Itu Perlindungan Konsumen ?

Perlindungan konsumen menjadi topik yang begitu penting untuk diketahui oleh masyarakat, karena penduduk tidak akan pernah terlepas dari kegiatan konsumsi. Menurut laman BPKN (badan perlindungan konsumen nasional), perlindungan konsumen ini merupakan segala upaya yang menjamin adanya perlindungan hukum kepada konsumen.

Tujuan dari perlindungan konsumen sendiri bisa anda lihat langsung pada pasal 3 Undang Undang Perlindungan Konsumen. Dengan dua instrumen hukum yang penting menjadi landasan, yaitu pertama Undang Undang Dasar 1945 yang merupakan sumber dari semua sumber hukum. Lalu yang kedua Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Bagaimana dengan Konsumen Belanja Online ?

Tidak hanya belanja konvensional, perlindungan konsumen di Indonesia juga berlaku bagi konsumen yang melakukan belanja online. Karena berdasarkan UU ITE serta PP PSTE, kegiatan ini tetap diakui sah dan bisa dipertanggungjawabkan. Bisa dibilang bahkan kegiatan jual beli online ini sebagai salah satu bentuk dari kontrak elektronik.

Terlebih saat ini banyak sekali ecommerce tempat jual beli online. Tentu dalam praktiknya, mungkin anda beberapa kali menemukan kasus mendapat barang yang tidak sesuai dengan foto yang dipajang. Jadi di sini anda berhak mendapat penggantian atau ganti rugi terhadap hal tersebut, karena sudah melanggar hak anda sebagai konsumen.

Pasalnya sebagai konsumen, anda berhak mendapat informasi yang jelas, benar, dan jujur terkait kondisi dan jaminan atas barang dan/atau jasa yang ditawarkan. Dan pelaku usaha, dalam hal ini yaitu penjual online, maka memiliki kewajiban untuk memberikan informasi yang jelas, benar, dan jujur mengenai barang yang diperjual belikan.

Hukum memang mengatur kehidupan bermasyarakat agar berjalan dengan baik, termasuk pada kegiatan jual beli. Di sini anda sebagai konsumen memiliki hal hak yang terlindungi secara hukum. Meski begitu, sebelum membeli apapun anda wajib membaca deskripsi atau informasi terkait produk terlebih dahulu. Agar tidak salah menggunakan hak hak yang dimiliki.

Related Post