Siapa yang Berhak Memberi Pendampingan untuk Tersangka ? Cek di Sini!

Banyak masyarakat yang mengira bahwa menghadapi masalah hukum dengan didampingi oleh advokat, hanya untuk korban serta golong orang mampu yang membutuhkan biaya mahal. Lantas siapa yang berhak mendampingi tersangka ? Nyatanya, advokat juga bisa memberi pendampingan pada tersangka bahkan terdakwa sekalipun.

Pendampingan Advokat untuk Tersangka

Penting bagi masyarakat untuk mengetahui bahwa setiap advokat dalam pekerjaannya, tidak hanya memberikan bantuan pada golongan orang yang mampu membayar mahal. Namun setiap advokat juga wajib dalam memberikan bantuan hukum secara gratis alias cuma cuma, bagi para pencari keadilan yang dalam kondisi tidak mampu.

Hal ini juga diatur dalam hukum, yaitu pada UU no. 18 tentang advokat pasal 22 ayat 1. Dalam hal ini juga termasuk bagi siapa saja yang tertangkap, dan ditahan dalam perkara pidana. Apabila tersangka menginginkan pendampingan dari penasihat hukum atau advokat, maka penyidik tidak diperkenankan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Keuntungan Mendapatkan Pendampingan Advokat

Jadi yang berhak mendampingi tersangka yakni advokat atau penasihat hukum. Adanya advokat atau penasihat hukum di sana guna mencegah para penyidik, melakukan aksi kekerasan baik itu secara fisik maupun psikologis. Hal ini juga mencegah oknum oknum penyidik dengan motif tertentu untuk merugikan tersangka.

Apabila anda berada dalam posisi ini yaitu ditetapkan sebagai tersangka. Maka beberapa hak hukum yang bisa anda dapatkan di antaranya yaitu hak menghubungi serta memilih penasihat hukum, hak untuk diperiksa oleh penyidik setelah 1×24 jam penahanan, hak diberitahukan dengan jelas tentang apa yang disangkakan sekaligus didakwakan terhadap anda.

Lalu hak memberikan keterangan secara bebas, hak meminta penangguhan penahanan, hak menghubungi dokter pribadi untuk kepentingan kesehatan, hak mendapatkan perubahan status tahanan, hak mengirim dan menerima surat dari sanak keluarga dan penasihat hukum tanpa diperiksa, hak mengajukan keberatan atas jenis penahanan kepada penyidik.

Kemudian hak menerima kunjungan rohaniawan, hak bebas dari tekanan seperti ditakut takuti, intimidasi maupun disiksa secara fisik demi mendapat pengakuan, serta hak untuk mendapat pemberitahuan dari penyidik terkait hak anda dalam mendapatkan bantuan hukum. Ini penting sekali untuk diketahui oleh masyarakat luas, karena termasuk hak asasi.

Karena tidak semua tersangka ternyata memang benar benar ditemukan sebagai pelaku tindak pidana. Bahkan terdakwa yang sudah terbukti bersalah di pengadilan pun berhak mendapatkan pendampingan dari advokat. Sebab dengan adanya advokat di sini maka hak asasi bisa ditegakkan, baik itu hak hukum tersangka, terdakwa, maupun terpidana.

Related Post