Yuk Simak Sistematika Hukum Perdata di Sini

Hukum perdata merupakan suatu hukum yang mengatur mengenai kepentingan antar warga negara, perseorangan yang satu dengan perseorangan lainnya. Hukum perdata yang dibagi dalam perdata materiil dan formil ini, berdasarkan ilmu pengetahuan hukum terdiri atas 4 sistematika hukum perdata yaitu sebagai berikut.

Sistematika dari Hukum Perdata

1. Hukum Pribadi atau Perorangan

Hukum pribadi atau perorangan ini memuat mengenai peraturan peraturan, mengenai manusia sebagai subjek hukum. Di dalamnya berisi peraturan peraturan tentang kecakapan untuk mempunyai hak, serta kecakapan dalam bertindak sendiri untuk melaksanakan hal tersebut, serta hal hal lainnya yang berpengaruh terhadap kecakapan yang dimaksud.

2. Hukum Keluarga

Hukum keluarga mempunyai hak dan kewajiban, yang pada dasarnya tidak bisa dinilai dengan uang. Di dalam KUHPerdata, hukum satu ini disebutkan dalam aturan Buku I yang berjudul tentang orang. Isinya yaitu mengatur hubungan yang tercipta dari hubungan kekeluargaan seperti perkawinan, dan juga hukum kekayaan antara suami istri.

3. Hukum Kekayaan

Jika hukum keluarga mengatur mengenai hubungan yang tercipta dari hubungan kekeluargaan, maka hukum kekayaan ini mengatur antara orang dengan harta kekayaan yang mereka miliki. Dimana hak dan kewajibannya dapat dinilai dengan uang. Hak dan kewajiban yang bersifat seperti ini, umumnya bisa dipindahtangankan kepada orang lain.

4. Hukum Waris

Hukum waris di dalam KUHPerdata, diatur dalam Buku II yang berjudul tentang kebendaan. Dengan demikian, hukum satu ini sebenarnya termasuk ke dalam hukum harta benda. Meski demikian, hukum waris ini juga sangat erat kaitannya dengan hukum keluarga. Karena untuk bisa mewarisi harta benda yang ada, maka harus mempunyai hubungan keluarga dengan pewaris.

Secara garis besar, hukum waris mengatur tentang harta benda seseorang setelah orang tersebut meninggal dunia. Hukum ini berisikan tentang peralihan hak serta kewajiban pewaris kepada ahli warisnya, dalam bidang kekayaan. Sehingga sistematika hukum perdata satu ini juga sangat erat kaitannya dengan hukum kekayaan, yang mempunyai sifat relatif.

Sistematika dari hukum perdata di atas merupakan sistematika berdasarkan ilmu pengetahuan hukum. Bila berdasarkan pada KUHPerdata atau Kitab Undang Undang Hukum Perdata. Maka sistematika dari hukum perdata ini terdiri atas Buku I tentang Orang, Buku II tentang Benda, Buku III tentang Perikatan, dan Buku IV tentang Pembuktian dan Daluarsa.

Related Post